CATATAN ANALOG: JANGAN MALAS BERBUNGA

By Putu Riana Pertiwi - 26 Juni

 


Seringkali kita mengeluhkan kondisi lingkungan sekitar kita tumbuh yang tidak selamanya mendukung. Kita mulai mebanding-bandingkan dan melirik lingkungan tetangga yang tampak lebih hijau dan segar. Selanjutnya, mulailah kita mencari-cari alasan tentang mengapa kita tidak berhasil, mengapa kita gagal, dan menyalahkan lingkungan sekitar termasuk sumberdaya diluar diri kita. 

Saya pernah membaca dalam ilmu agronomi atau pertanian ada istilah yang dinamakan vigor. Menurut wikipedia, Vigor adalah kemampuan benih untuk berkecambah secara normal meskipun berada pada keadaan lingkungan yang beragam, baik yang mendukung maupun lingkungan yang kurang memadai. 

 Artinya, peran lingkungan pada pertumbuhan dan perkembangan kita memang tidak dapat dielakkan. Tapi bukankah masih ada pilihan lain apabila lingkungan kita tidak sesuai? yaitu menjadi orang dengan vigoritas tinggi. Orang yang mampu berkembang dan berproses terlepas dari bagaimana lingkungan mempengaruhinya. 

Saat kita bisa memilih dimana kita harus "ditanam" tentu itu adalah sebuah keistimewaan. Tapi jika kita tidak bisa memilih dimana kita akan ditanam, maka tugas kita adalah berusaha tumbuh dan berkembang menjadi bunga yang indah. 

Oke benih, terimakasih atas pelajaran berharganya. 


Salam sayang, 
Riana

 

 

 


  • Share:

You Might Also Like

0 comments